Macam-macam Search Engine dan Contoh Search Engine

Macam-macam search engine yang dapat digunakan searching di internet telah ada sejak lebih dari 25 tahun yang lalu. Dari banyaknya macam search engine, hanya ada beberapa search engine populer saat ini di dunia. Kepopuleran search engine dipengaruhi kebutuhan user dalam menggunakan search engine, seperti kecepatan, ketepatan, dan kemudahan dalam mencari data informasi di internet. Untuk mengetehui apa itu search engine silakan lihat pengertian search engine.

Macam-macam Search Engine dan Contoh Search Engine

Berikut list macam macam search engine.

Search engine pertama yang pernah ada adalah W3Catalog, menurut sumber wikipedia. W3Catalog dirilis pada 2 September 1993, dikembangkan oleh Oscar Nierstrasz di University of Geneva.

Pada masa awal perkembangan Internet, Sekitar 1992, Tim Berners Lee mengelola sebuah situs web yang berisi daftar situs web secara manual melalui server web CERN. Seiring perkembangan internet yang begitu pesat, pekerjaan tersebut menjadi tidak mungkin untuk dilakukan hanya dengan cara manual. Namun kondisi inilah yang kemudian memicu bermunculannya macam-macam search engine.

Kehadiran search engine sangat dibutuhkan untuk mempermudah pencarian web yang terus bertambah. Pada tahun 1993, Oscar Nierstrasz (Universitas of Genewa) membuat serangkaian script perl yang secara berkala dikembangkan menjadi format standar yang menjadi cikal bakal W3Catalog.

Pada Juni di tahun yang sama, Mathew Gray memproduksi web robot, World Wide Web Wanderer berbasis Perl yang berfungsi untuk menghasilkan indexs bernama wandex dengan tujuan untuk mengukur seberapa banyak data yang terdapat di world wide web.

Pada November 1993, Aliweb muncul tetapi belum menggunakan robot. Mereka melakukan pengindexan secara manual yang bergantung pada kontribusi administrator web dalam format tertentu.

Desember 1993, Jonathan Fletcher, mengusung search engine bernama JumpStation yang sudah mulai menggunakan web robot untuk menemukan halaman web untuk di index meski masih terbatas pada pengindexan judul.

WebCrawler merupakan jawaban dari permasalahan-permasalahan search engine yang dibuat oleh Brian Pinkerton di University of Washington. Ini merupakan cikal bakal dari macam-macam search engine modern yang berbasis Crawler yang mampu mengindex semua text. Karena kemampuan WebCrawler ini akhirnya user mampu menggunakan kata kunci tertentu untuk mendapatkan informasi di internet.

Masih di tahun 1993, search engine bernama Lycos muncul dengan teknologi WebCrawler tersebut dan menjadi bentuk usaha komersil yang menjadikan kedua mesin pencari tersebut, “webCrawler” dan terutama “Lycos” sukses dan merupakan search engine yang pertama kali mengkomersilkan search engine. Di tahun-tahun selanjutnya kemudian bermunculan search engine lainnya seperti Infoseek (1994), Altavista (1995), Magellan (1995), Excite (1995), Inktomi (1996), Northern Light (1997).

Pada Januari tahun 1994 muncullah Yahoo! yang pernah mendapat popularitas tinggi sebagai search engine. Yahoo! didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo yang juga memiliki web directori, email, dan berbagai fasilitas lainnya yang dibutuhkan pengguna.

Netscape berdiri tahun 1996 dengan menempatkan beberapa macam search engine sebagai salah satu fitur utama pada browser mereka. Netscape memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian. Macam-macam search engine yang terdapat pada web browser Netscape adalah Yahoo!, Magellan, Lycos, Infoseek, and Excite.

Google mulai dikembangkan pada tahun 1997 oleh Larry Page dan Sergey Brin yang mulai menerapkan konsep istilah pencarian kata kunci pada tahun 1998 yang mengadopsi search engine kecil bernama goto.com dan membawa efek yang luar biasa bagi bisnis Search Engine.

Tahun 1998, Microsoft merilis MSN Search Engine yang dikenal dengan Bing. Kerjasama Microsoft dan Yahoo! membuat kesepakatan pada tahun 1999 untuk menggunakan search engine Bing sampai sekarang. Tahun 2004, Microsoft memiliki teknologi pencarian sendiri untuk digunakan searching, dengan menggunakan robot web crawler sendiri yang dikenal dengan MSNBOT.

Top 10 Search Engine yang Populer saat ini, penilaian berdasarkan estimasi visitor yang dilansir oleh ebizmba.com.

1. Google, 1,100,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
2. Bing, 300,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
3. Yahoo! Search, 250,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
4. Ask, 145,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
5. Aol Search, 75,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
6. Wow, 66,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
7. WebCrawler, 65,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
8. MyWebSearch, 60,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
9. Infospace, 24,000,000 – Estimated Unique Monthly Visitors
10. Info, 12,500,000 – Estimated Unique Monthly Visitors

Macam macam search engine lokal yang berskala International adalah:

– Baidu (Chinese, Japanese) – youdao.com
– Sogou (Chinese) – sogou.com
– Yadao (Chinese) – youdao.com
– Yandex (Russian) – yandex.ru, yandex.com

Macam-macam Search Engine dan Contoh Search Engine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator